Rasa Softskill yang Berbeda di Semester Akhir

Posted on Updated on

Di semester akhir ini, saya mendapatkan mata kuliah softskill sebagaimana semester-semester sebelumnya, tetapi ada yang beda kali ini, apa yang beda? Yang beda adalah tugas softskill yang diberikan, karena selama ini jika ada mata kuliah softskill maka dosen hanya memberikan tugas untuk mencari materi lalu mem-postingnya di blog, simpel sekali tugasnya kan?!

Tugas softskill seperti itu tidak saya dapatkan lagi di semester ini, sungguh semester yang sangat ribet dikarenakan adanya penulisan ilmiah atau pi di semester ini juga, jadi terasa berlipat ganda tugas saya. Awal pertemuan dengan dosen softskill semester ini yaitu Ibu Dr. Kartika Sari cukup berkesan karena beliau menjelaskan tugas yang harus dikerjakan selama semester ini dan hasilnya banyak dari kami yang mengeluh, ya bagaimana tidak mengeluh, karena semester ini sudah sangat sibuk dan ditambah tugas softskill yang unik ini tentunya akan membuat semester ini semakin sibuk. Tugas yang diberikan mirip sekali dengan penulisan ilmiah yang sedang saya kerjakan cuma beda di tema saja.

Ohh iya mata kuliah softskill semester ini membahas tentang perbankan, jadi tugasnya pun tak jauh-jauh dari dunia perbankan. Oke lanjut ke bagian penulisan, pada minggu kedua kami semua ditugaskan untuk mencari tema tentang teknologi perbankan, akhirnya saya memilih tema tentang m-banking dan memberi judul “Pandangan Penggunaan M-Banking Di Kalangan Mahasiswa Gunadarma Jurusan MI Angkatan 2011” untuk tugas penulisan saya, kemudian saya mulai mengerjakan bab 1 dan 1 bulan setelahnya bab 1 yang sudah saya buat harus dipresentasikan untuk menjelaskan tujuan dari penulisan, selanjutnya adalah membuat bab 2, di dalam bab ini terdapat landasan teori yang akan digunakan pada penulisan ini, karena saya menggunakan metode surbey maka saya memilih teori TAM sebagai basis survey yang akan dibuat, setelah selesai pengerjaan bab 2, saya membuat pertanyaan guna untuk melakukan survey, bayangkan saja saya mengerjakan bab 3 diakhir-akhir deadline, karena saya belum mengerti bagaimana cara mengerjakan bab 3 itu hehehe, akhirnya salah satu dari teman saya memberi tau cara mengerjakannya dan hasilnya bab 3 kami memiliki banyak kesamaan hahaha.

Hasil dari penelitian saya adalah sebagai berikut:


 

Bagian pertama menampilkan data-data profil dari  30 responden

1

Dari 30 responden banyak yang berusia 21 tahun yaitu sebanyak  46%

 

2

Kebanyakan responden adalah laki-laki yaitu sebanyak 63%

 

3

Pendatapatan atau uang saku para respoden pun kebanyakan berkisar di angka 200 ribu sampai 50 ribu

 

4

Kebanyakan dari responden hanya melakukan transaksi sebanyak 1-3 kali sebulan

 

5

Hasil pernyataan dari responden adalah kebanyakan sudah mengetahui tentang Mobile Banking


 

Bagian kedua adalah analisa responden tentang Mobile Banking dengan pendekatan TAM

di sini saya menggunakan 4 komponen dari TAM yaitu:

  • Perceived usefulness
  • Perceived ease of use
  • Attitude toward using
  • Actual usage

Dijawab menggunakan:

  • STS: Sangat Tidak Setuju
  • TS: Tidak Setuju
  • S: Setuju
  • SS: Sangat Setuju

1. Perceived usefulness

6

Kesimpulan dari ke 30 responden menyatakan setuju M-Banking dapat meningkatkan efisiensi waktu

 

7

Pada pertanyaan ini 23 responden menyatakan setuju bahwa M-Banking dapat meningkatkan efektifitas kegiatan

 

8

dan lagi-lagi 23 responden menyatakan setuju bahwa M-Banking meningkatkan efektivitas kegiatan pelayanan perbankan

 

9

Untuk pertanyaan bahwa M-Banking sangat bermanfaat dan responden setuju akan hal itu, sebanyak 22 dari 30 memilih setuju

 

2. Perceived ease of use

10

Pada pertanyaan ini sebanyak 20 dari 30 responden memilih setuju bahwa M-Banking sangat mudah digunakan

 

11

Menurut 22 responden setuju M-Banking lebih fleksible untuk digunakan

 

12

Dan pada pertanyaan ini sebanyak 22 dari 30 responden menyatakan setuju bahwa M-Banking akan memudahkan dalam melakukan transaksi

 

3. Attitude toward using

13

nah di pertanyaan ini responden masih tetap setuju akan tetapi jumlah responden yang setuju berkurang

 

14

Kali ini jumlah responden yang setuju akan pertanyaan di atas meningkat menjadi 23 responden, dan memang benar bahwa M-Banking adalah ide yang bagus

 

15

Sebanyak 22 dari 30 responden menyatakan setuju bahwa penggunaan M-Banking dinilai perlu

 

16

Dan 22 dari 30 responden menyatakan setuju dalam berniat menggunakan M-Banking

 

4. Actual usage

17

Pada pertanyaan ini sebanyak 20 responden menyatakan setuju, 5 responden tidak setuju, dan 5 responden lagi sangat setuju, jadi hasilnya setuju


 

Rangkuman hasil dari semua pertanyaan yang disertakan dalam survey adalah sebagai berikut:

  • Perceived usefulness = Setuju
  • Perceived ease of use = Setuju
  • Attitude toward using = Setuju
  • Actual usage = Setuju

Demikianlah hasil penelitian saya dan dapat disimpulkan tugas softskill kali ini memang benar-benar greget hehehe.

One thought on “Rasa Softskill yang Berbeda di Semester Akhir

    Prabowo-Hatta said:
    June 30, 2014 at 11:26 pm

    mas, ini bahasanya ko agak alay2 sok asik gimana gituhhh

Leave a Reply

