Rasa Softskill yang Berbeda di Semester Akhir
Di semester akhir ini, saya mendapatkan mata kuliah softskill sebagaimana semester-semester sebelumnya, tetapi ada yang beda kali ini, apa yang beda? Yang beda adalah tugas softskill yang diberikan, karena selama ini jika ada mata kuliah softskill maka dosen hanya memberikan tugas untuk mencari materi lalu mem-postingnya di blog, simpel sekali tugasnya kan?!
Tugas softskill seperti itu tidak saya dapatkan lagi di semester ini, sungguh semester yang sangat ribet dikarenakan adanya penulisan ilmiah atau pi di semester ini juga, jadi terasa berlipat ganda tugas saya. Awal pertemuan dengan dosen softskill semester ini yaitu Ibu Dr. Kartika Sari cukup berkesan karena beliau menjelaskan tugas yang harus dikerjakan selama semester ini dan hasilnya banyak dari kami yang mengeluh, ya bagaimana tidak mengeluh, karena semester ini sudah sangat sibuk dan ditambah tugas softskill yang unik ini tentunya akan membuat semester ini semakin sibuk. Tugas yang diberikan mirip sekali dengan penulisan ilmiah yang sedang saya kerjakan cuma beda di tema saja.
Ohh iya mata kuliah softskill semester ini membahas tentang perbankan, jadi tugasnya pun tak jauh-jauh dari dunia perbankan. Oke lanjut ke bagian penulisan, pada minggu kedua kami semua ditugaskan untuk mencari tema tentang teknologi perbankan, akhirnya saya memilih tema tentang m-banking dan memberi judul “Pandangan Penggunaan M-Banking Di Kalangan Mahasiswa Gunadarma Jurusan MI Angkatan 2011” untuk tugas penulisan saya, kemudian saya mulai mengerjakan bab 1 dan 1 bulan setelahnya bab 1 yang sudah saya buat harus dipresentasikan untuk menjelaskan tujuan dari penulisan, selanjutnya adalah membuat bab 2, di dalam bab ini terdapat landasan teori yang akan digunakan pada penulisan ini, karena saya menggunakan metode surbey maka saya memilih teori TAM sebagai basis survey yang akan dibuat, setelah selesai pengerjaan bab 2, saya membuat pertanyaan guna untuk melakukan survey, bayangkan saja saya mengerjakan bab 3 diakhir-akhir deadline, karena saya belum mengerti bagaimana cara mengerjakan bab 3 itu hehehe, akhirnya salah satu dari teman saya memberi tau cara mengerjakannya dan hasilnya bab 3 kami memiliki banyak kesamaan hahaha.
Hasil dari penelitian saya adalah sebagai berikut:
Bagian pertama menampilkan data-data profil dari 30 responden
Dari 30 responden banyak yang berusia 21 tahun yaitu sebanyak 46%
Kebanyakan responden adalah laki-laki yaitu sebanyak 63%
Pendatapatan atau uang saku para respoden pun kebanyakan berkisar di angka 200 ribu sampai 50 ribu
Kebanyakan dari responden hanya melakukan transaksi sebanyak 1-3 kali sebulan
Hasil pernyataan dari responden adalah kebanyakan sudah mengetahui tentang Mobile Banking
Bagian kedua adalah analisa responden tentang Mobile Banking dengan pendekatan TAM
di sini saya menggunakan 4 komponen dari TAM yaitu:
- Perceived usefulness
- Perceived ease of use
- Attitude toward using
- Actual usage
Dijawab menggunakan:
- STS: Sangat Tidak Setuju
- TS: Tidak Setuju
- S: Setuju
- SS: Sangat Setuju
1. Perceived usefulness
Kesimpulan dari ke 30 responden menyatakan setuju M-Banking dapat meningkatkan efisiensi waktu
Pada pertanyaan ini 23 responden menyatakan setuju bahwa M-Banking dapat meningkatkan efektifitas kegiatan
dan lagi-lagi 23 responden menyatakan setuju bahwa M-Banking meningkatkan efektivitas kegiatan pelayanan perbankan
Untuk pertanyaan bahwa M-Banking sangat bermanfaat dan responden setuju akan hal itu, sebanyak 22 dari 30 memilih setuju
2. Perceived ease of use
Pada pertanyaan ini sebanyak 20 dari 30 responden memilih setuju bahwa M-Banking sangat mudah digunakan
Menurut 22 responden setuju M-Banking lebih fleksible untuk digunakan
Dan pada pertanyaan ini sebanyak 22 dari 30 responden menyatakan setuju bahwa M-Banking akan memudahkan dalam melakukan transaksi
3. Attitude toward using
nah di pertanyaan ini responden masih tetap setuju akan tetapi jumlah responden yang setuju berkurang
Kali ini jumlah responden yang setuju akan pertanyaan di atas meningkat menjadi 23 responden, dan memang benar bahwa M-Banking adalah ide yang bagus
Sebanyak 22 dari 30 responden menyatakan setuju bahwa penggunaan M-Banking dinilai perlu
Dan 22 dari 30 responden menyatakan setuju dalam berniat menggunakan M-Banking
4. Actual usage
Pada pertanyaan ini sebanyak 20 responden menyatakan setuju, 5 responden tidak setuju, dan 5 responden lagi sangat setuju, jadi hasilnya setuju
Rangkuman hasil dari semua pertanyaan yang disertakan dalam survey adalah sebagai berikut:
- Perceived usefulness = Setuju
- Perceived ease of use = Setuju
- Attitude toward using = Setuju
- Actual usage = Setuju
Demikianlah hasil penelitian saya dan dapat disimpulkan tugas softskill kali ini memang benar-benar greget hehehe.
June 30, 2014 at 11:26 pm
mas, ini bahasanya ko agak alay2 sok asik gimana gituhhh