8 Pulau-Pulau Terluar di Wilayah Perbatasan NKRI

Posted on Updated on

8 Pulau-Pulau Terluar NKRI di Wilayah Perbatasan Indonesia dengan Australia

Peta NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI) mengilustrasikan Negara Kesatuan Republik Indonesia beserta batas-batasnya. Peta ini memberikan informasi spasial bagi publik tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peta ini menggambarkan pencapaian hasil berbagai perundingan bilateral, trilateral maupun multilateral sejak Deklarasi Djuanda sampai sekarang. Dalam peta NKRI juga dicantumkan nama-nama geografis pulau-pulau terluar milik Indonesia yang berada di sebelah dalam garis pangkal kepulauan Indonesia, serta digambarkan letak alur laut kepulauan Indonesia (ALKI). Selain itu peta NKRI juga menggambarkan proyeksi batas menurut hukum Indonesia. Atas dasar tersebut, maka perlu untuk dinyatakan bahwa peta NKRI bersifat dinamis dan akan selalu di-update sesuai dengan perkembangan.

Perbatasan Indonesia-Australia

Perjanjian perbatasan RI-Australia yang meliputi perjanjian batas landas kontinen dan batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) mengacu pada Perjanjian RI-Australia yang ditandatangani pada tanggal 14 Maret 1997. Penentuan batas yang baru RI-Australia, di sekitar wilayah Celah Timor perlu dibicarakan secara trilateral bersama Timor Leste.

Berikut ini adalah 8 pulau-pulau terluar NKRI yang berbatasan dengan negara Australia:

1. Pulau Ararkula

Koordinat: 5°35′42″S 134°49′5″E
Negara: Indonesia
Gugus kepulauan: Maluku
Provinsi: Maluku
Kabupaten: Kepulauan Aru
Garis pantai: -
Luas: -
Populasi: -
Kota terbesar: -

Pulau Ararkula berdasarkan perpres 78 tahun 2005 merupakan salahsatu pulau terluar di Indonesia. Namun secara fisik pulau tersebut hanyalah gosong pasir. Pulau Ararkula ini tidak berpenghuni. Pulau Ararkula (nama lokalnya yaitu Pulau Konan Danar) menjadi tempat singgah dan tempat tinggal sementara bagi masyarakat dari desa-desa sekitar (khususnya desa Salmona/Selemona) yang sedang mencari hasil laut, dengan mendirikan bangunan-bangunan ukuran kecil dari kayu dan atapnya dari daun kelapa. Pulau ini ditumbuhi berbagai macam vegetasi, seperti pohon kelapa, sagu, mangrove dan lain-lain.

Secara administrasi, Pulau Ararkula termasuk dalam wilayah Desa Selmona Kecamatan Aru utara, kabupaten Kepulauan Aru. Secara Geografis, Pulau Ararkula terletak pada titik koordinat 050 36’ 15,17” LS ; 1340 50’ 46,29” BT. Di Pulau ini terdapat Titik Dasar No. TD 097A dan Titik Referensi No. TR 097.

2. Pulau Barung

Koordinat: 8°28′29″S 113°19′40″E
Negara: Indonesia
Gugus kepulauan: -
Provinsi: Jawa Timur
Kabupaten: Jember
Garis pantai: -
Luas: 100 km2 (40 mil²)
Populasi: -
Kota terbesar: -

Nusa Barung (atau Barong) adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pulau ini adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Barung ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Jember, sebelah selatan dari provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Nusa Barung merupakan sebuah cagar alam sejak tahun 1920. Di pulau ini dapat ditemukan banyak spesies burung, serangga, dan tumbuhan. Fungsi pokok cagar alam ini adalah sebagai perlindungan bagi lutung budeng (Trachypithecus auratus) yang terancam punah serta mempunyai jenis flora antara lain Calophyllum inophyllum, Sonneratia alba, Sterculia foetida, Terminalia catappa, Avicennia spp., Barringtonia spp., Alstonia spanthulatus, Alang-alang – Cylindrica imperata, Dillenia sp., Ficus amplas, Lumnitzera spp., Pleiornium sp., Rhizophora spp., Supatorium sp., Tamarindus sp., Vatica walichii, Vitex pubescens, Xylocarpus spp. dan Salah satu ancaman bagi cagar alam ini adalah penebangan kayu secara ilegal.

3. Pulau Batu Goyang

Koordinat: 7°57′1″ LS, 134°11′38″ BT
Negara: Indonesia
Gugus kepulauan: Maluku
Provinsi: Maluku
Kabupaten: Maluku Tenggara
Garis pantai: -
Luas: -
Populasi: -
Kota terbesar: -

Pulau Batu Goyang adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Aru dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Batu Goyang ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah selatan dari Pulau Aru dengan koordinat 7° 57′ 1″ LS, 134° 11′ 38″ BT.

4. Pulau Enu

Koordinat: 7°6′14″LS,134°31′19″BT
Negara: Indonesia
Gugus kepulauan: Maluku
Provinsi: Maluku
Kabupaten: Maluku Tenggara
Garis pantai: -
Luas: -
Populasi: -
Kota terbesar: -

Pulau Enu adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Arafuru dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Enu ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, provinsi Maluku, Indonesia. Pulau ini berada di sebelah selatan dari Pulau Aru dengan koordinat 7° 6′14″ LS, 134° 31′ 19″ BT.

5. Pulau Karaweira

Koordinat: 060 00’ 09” LS, 134o 54’ 26” BT
Negara: Indonesia
Gugus kepulauan: Maluku
Provinsi: Maluku
Kabupaten: Kabupaten Kepulauan Aru
Garis pantai: 7.926 km
Luas: 0.6772 km2
Populasi: -
Kota terbesar: -

Pulau Karaweira adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Aru dan berbatasan dengan negara Australia.Pulau Karaweira (berdasarkan Perpres No. 78 Tahun 2005), sebenarnya secara fisik merupakan hamparan pecahan karang mati yang tenggelam saat pasang. Pulau ini tidak berpenghuni dan oleh masyarakat setempat pulau ini disebut juga Pulau Kararai. Karaweira merupakan kelompok gugus pulau kecil yang terbagi atas dua bagian yakni Karaweira Besar (1 buah pulau yang bernama Karaweira Besar dengan luas 1, 781 km2) dan Karaweira Kecil (terdiri dari 6 buah pulau dan hanya 1 pulau yang diberi nama, yaitu Pulau Doriau dengan luas 0,3755 km2).

Secara administrasi, Pulau Karaweira termasuk dalam wilayah Desa Mariri, Kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Luas Pulau secara keseluruhan mencapai 0,6772 km2 dengan keliling pulau sepanjang 7,926 km. Secara geografis, letak Pulau Karang berada pada titik koordinat 060 00’ 09” LS ; 134o 54’ 26” BT. Di pulau ini terdapat Titik Dasar No. TD 098 dan Titik Referensi No. TR 098.

Akses Transportasi

Untuk menuju Pulau Karaweira, tidak ada transportasi umum atau reguler yang menghubungkan Desa Mariri dengan Dobo (Ibukota Kabupaten Kepulaua Aru) maupun dengan Benjina (Ibukota Kecamatan Aru Tengah). Sehingga untuk mencapai pulau ini harus menyewa speedboat dari Dobo melewati selat antara Pulau Wokam dan Pulau Kobror dengan waktu tempuh antara 5-6 jam. Perjalanan dari Dobo ke Benjina dengan menggunakan speedboat membutuhkan waktu antara 45 menit hingga 1 jam. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai Desa Mariri dari Dobo antara 5,5 – 6 jam. Untuk mencapai Pulau Karaweira dari desa mariri menggunakan speedboat ditempuh dalam waktu antara 30-45 menit.

6. Pulau Mangudu

Koordinat: 10°20′8″ LS, 120°5′56″ BT
Negara: Indonesia
Gugus kepulauan: Sunda Kecil
Provinsi: Nusa Tenggara Timur
Kabupaten: Sumba Timur
Garis pantai: -
Luas: -
Populasi: -
Kota terbesar: -

Pulau Mangudu adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Mangudu ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Sumba Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini berada di sebelah selatan dari pulau Sumba dengan koordinat 10° 20′ 8″ LS, 120° 5′ 56″ BT.

7. Pulau Manuk

Koordinat: 7°49′11″S 108°19′18″E
Negara: Indonesia
Gugus kepulauan: -
Provinsi: Jawa Barat
Kabupaten: Tasikmalaya
Garis pantai: -
Luas: 100 ha
Populasi: -
Kota terbesar: -

Pulau Manuk adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Manuk ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Tasikmalaya, provinsi Jawa Barat. Pulau ini berada di sebelah barat dari pantai Pangandaran dengan koordinat 7° 49′ 11″ LS, 108° 19′ 18″ BT.

8. Pulau Nusakambangan

Koordinat: 7°45′ LS 108°55′ BT
Negara: Indonesia
Gugus kepulauan: -
Provinsi: Jawa Tengah
Kabupaten: Cilacap
Garis pantai: -
Luas: 121 km²
Populasi: 3000 jiwa
Kota terbesar: -

Nusa Kambangan adalah nama sebuah pulau di Jawa Tengah yang lebih dikenal sebagai tempat terletaknya beberapa Lembaga Pemasyarakatan (LP) berkeamanan tinggi di Indonesia. Pulau ini masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Cilacap dan tercatat dalam daftar pulau terluar Indonesia. Untuk mencapai pulau ini orang harus menyeberang dengan kapal feri dari pelabuhan khusus yang di kelola oleh Departemen Kehakiman R.I. yaitu dari Pelabuhan Sodong menyebrang ke Cilacap, Jawa Tengah selama kurang-lebih lima menit dan bersandar di Pelabuhan feri Wijayapura di Cilacap. Feri penyebrangan khusus ini juga di nakhodai dan di awaki oleh Petugas Pemasyarakatan (pegawai LP), bukan dari Departemen Perhubungan, khusus untuk kepentingan transportasi pemindahan narapidana dan juga melayani kebutuhan tranportasi pegawai LP itu sendiri beserta keluarganya.

Pulau Kambangan, yang berstatus sebagai cagar alam, selain sering digunakan untuk latihan militer, juga merupakan habitat bagi pohon-pohon langka, namun banyak yang telah ditebang secara liar. Saat ini yang tersisa kebanyakan adalah tumbuhan perdu, nipah, dan belukar. Kayu plahlar (Dipterocarpus litoralis) yang hanya dapat ditemukan di pulau ini banyak dicuri karena setelah dikeringkan, mempunyai kualitas yang setara dengan kayu meranti dari Kalimantan.

Secara tradisional, penerus dinasti Kesultanan Mataram sering melakukan ritual di pulau ini dan menjadikannya sebagai “hutan ritual”. Di bagian barat pulau, di sebuah gua yang terletak di areal hutan bakau, ada semacam prasasti peninggalan zaman VOC. Di ujung timur, di atas bukit karang, berdiri mercu suar Cimiring dan benteng kecil peninggalan Portugis. Berbagai macam tumbuhan khas ritual budaya Jawa ditanam di sini. Nusa Kambangan tercatat sebagai pertahanan terakhir dari tumbuhan wijayakusuma yang sejati. Dari sinilah nama pulau ini berasal: Nusa Kembangan, yang berarti “pulau bunga-bungaan”.

Kesimpulan

Ternyata negara Indonesia ini memiliki sangat banyak pulau, bahkan pulau pulau terluar Indonesia yang sudah tercatat mencapai 92 pulau, wow begitu luar biasanya negara ini. Tidak dapat dibayangkan jika semua pulau-pulau tersebut dapat dimanfaatkan secara baik dan benar. Yang terpenting adalah menjaga dan melestarikan pulau-pulau tersebut.

Referensi

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s